my creation

ketika koding adalah takdir

Pages

Tuesday, September 11, 2012

pentingnya database

System basis data atau pangkalan data atau database system adalah suatu kumpulan data operasional atau informasi lengkap dari suatu pengelola (misalnya perusahaan, sekolahan, dll) yang disimpan dalam computer secara terintegrasi dan sistematik dengan menggunakan metode tertentu sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program computer untuk memperoleh informasi yang maksimal yang diperlukan pemakainya dari basis data tersebut.
Kelebihan menggunakan database :
•Mengehemat waktu dan biaya
Karena dengan database yang terkomputasi, kita bisa banyak menyimpan informasi seperti mencetak, memuat, menampilkan data, memudahkan pengaksesan data, mengisolasikan data, mengurangi redundasi data dan inkonsistensi.
•Terkontrolnya kerangkapan data
Dalam basis data hanya mencantumkan satu kali saja field yang sama yang dapat dipakai oleh semua aplikasi yang memerlukannya.
•Terpeliharanya keselarasan (ke-konsistenan) data
Apabila ada perubahan data pada aplikasi yang berbeda maka secara otomatis perubahan itu berlaku untuk keseluruhan
•Data dapat dipakai secara bersama (shared)
Data dapat dipakai secara bersama-sama oleh beberapa program aplikasi (secara batch maupun on-line) pada saat bersamaan.
•Dapat diterapkan standarisasi
Dengan adanya pengontrolan yang terpusat maka DBA dapat menerapkan standarisasi data yang disimpan sehingga memudahkan pemakaian, pengiriman maupun pertukaran data
•Keamanan data terjamin
DBA dapat memberikan batasan-batasan pengaksesan data, misalnya dengan memberikan password dan pemberian hak akses bagi user (misal : modify, delete, insert, retrieve)
•Terpeliharanya integritas data
Jika kerangkapan data dikontrol dan ke konsistenan data dapat dijaga maka data menjadi akurat •Terpeliharanya keseimbangan (keselarasan) antara kebutuhan data yang berbeda dalam setiap aplikasi Struktur basis data diatur sedemikian rupa sehingga dapat melayani pengaksesan data dengan cepat
•Data independence (kemandirian data)
Dapat digunakan untuk bermacam-macam program aplikasi tanpa harus merubah format data yang sudah ada
•Kemubadziran data terkurangi
Kekurangan atau kelemahan dari database :
•Memerlukan tenaga spesialis
Karena tidak semua orang bisa dalam menangani database, perlu keahlian khusus pendidikan yang intelektual tinggi
•Mahal
Karena masih sedikit orang yang pandai akan data base atau banyak orang yang suka instan membeli sehingga meminta bantuan orang lain maka biayanya pun mahal
•Kesulitan mengakses data
Karena situasi dan kondisi yang seperti ini belum ada internet dimana – mana sehingga agak kesulitan dalam menangani pengaksesan data
Mengapa perlu adanya mata kuliah system basis data.? Apa pentingnya.?
Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Database terdiri dari data yang akan digunakan atau diperuntukkan terhadap banyak user, dari masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya. Dari uraian yang telah saya buat di atas mengenai apa itu database, kelebihan dan kekurangannya, dapat disimpulkan bahwa System basis data atau database sangat penting dalam kehidupan dan pada zaman modern yang sekarang ini karena database merupakan landasan bagi pembuatan dan pengembangan program aplikasi. Oleh sebab itu, database harus dibuat sedemikian rupa sehingga pembuatan program lebih mudah dan cepat. Tidak harus memerlukan tenaga ahli cukup kita sendiri otak dari semuanya (mau dibuat yang model kayak gimana) felksibel sehingga tidak perlu membayar tenaga ahli. Dilihat dari pendidikan (ptik), database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai yang diperuntukkan oleh banyak pengguna (user) yang masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Jadi, mau apapun bidang dan ruang lingkupnya seperti ekonomi, manajemen, dan psikologi pastilah membutuhkan database ini yang dirasakan sangat bermanfaat. Contohnya saja jika dalam bidang psikologi dapat mencari nama mahasiswa psikologi dari nomor npm dan dapat mencari mata kuliah dari nomor kode mata kuliah. Sehingga para pengguna pun dengan mudah dan cepat dalam mencari informasi tersebut dan tanpa databse, seseorang akan beresiko kehilangan data yang di butuhkan, data yang tidak konsisten, proses update yang lambat dan lain-lain dan Pemahaman yang kuat terhadap konsep basis data akan menghindari kerancuan, kebingungan, dalam menerima teknologi baru yang berkembang dengan pesat dan semakin cepat. Mempelajari teori dan konsep basis data akan memberikan kerangka kerja dan berfikir sehingga mampu menyederhanakan suatu persoalan kompleks menuju penyelesaian yang efektif dan efisien.


referensi :
 http://ktiara92.blogspot.com/2010/04/4manfaat-database.html
http://dms-ayunk.blogspot.com/2011/04/manfaat-database.html 

No comments:

Post a Comment